PRAK 02 – Menganimasikan Elemen Shape

1.       TUJUAN
Mengeksplore possibilities dalam menganimasikan elemen shape

2.       ALAT
-          Power Point

3.       BAHAN


4.       Dasar Teori
Geometri adalah cabang ilmu tertua dalam Matematika, yang merupakan studi tentang geometris, seperti segitiga, lingkaran, oval, persegi, persegi panjang, jajaran genjang, belah ketupat, bola, kerucut, silinder, piramida, prisma, belahan dll. Mempelajari geometri menyediakan banyak keterampilan dasar dan membantu untuk membangun kemampuan berpikir logika, penalaran analitis dan pemecahan masalah. Geometri memungkinkan kita untuk memahami ruang dalam sebuah kehidupan nyata yang membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang lebih baik. Geometri memiliki banyak praktek penggunaan, dari yang paling dasar sampai perkembangan teknologi yang semakin berkembang.
Geometri disebut sebagai ilmu praktis dan berhubungan dengan formula yang berbeda dari luas, panjang dan volume. Luas lingkaran, keliling, dan volume silinder adalah beberapa konsep dasar topik Geometri. Dengan proses belajar ini, siswa dapat memahami sudut akut, segitiga, persegi panjang, sudut tumpul, angka bujursangkar dan banyak hal lain yang relevan secara mendalam. Geometri ditemukan di mana-mana, dalam seni, arsitektur, teknik, olahraga, survei tanah, astronomi, ruang, alam, patung, mesin, robot, mobil dll, dan karena itu menjadi penting untuk memahami pendekatan dasar perlunya geometri dalam kehidupan nyata .
Geometri merupakan cabang penting dan tertua Matematika melibatkan studi luas, volume, lingkaran, segitiga dll Ada berbagai topik di geometri dan siswa diminta untuk belajar topik geometri sesuai standar akademis mereka.

5.       TUGAS PRAKTIKUM
1.       Animasikan posisi dari sebuah Geometric Shape
2.       Animasikan rotasi dari sebuah Geometric Shape
3.       Animasikan skala dari sebuah Geometric Shape
4.       Buat animasi bebas menggunakan Geometric Shape, dan ceritakan properti apa saja yang dianimasikan

6.       HASIL PRAKTIKUM


1.       Animasi posisi dari Geometric Shape yang saya buat menggunakan animasi Motion Path, yaitu yang bertujuan membuat Geometric Shape bergerak mengikuti instruksi yang telah dibuat, dan disini saya membuat Geometric Shape saya bergerak mengikuti lingkaran/pada porosnya. Untuk membuat animasi bergerak tanpa di klik terlebih dahulu maka perlu mensetting Menu Animation Pane, klik kanan pada frame obyek lalu pilih Timing. Dari situ saya mengubah Startnya menjadi After Previous, lalu Repeat diubah menjadi Until End of Slide. Hal ini saya berlakukan pada keemapt tugas ini.


2.       Animasi Rotasi dari Geometric Shape ini saya membuat menggunakan animasi Spin, yaitu yang bertujuan Geometric Shape bergerak berputar pada titik tetap.


3.       Animasi Skala/ Scale dari Geometric Shape ini saya membuat dengan menggunakan animasi zoom, sehingga terjadi perbahan skala dari frame awal ke akhir/ atau dari kecil membesar (zooming).


4.       Di tugas yang keempat ini mengkreasikan animasi geometric shape. Disini saya memakai shape buat berjumlah 4 dengan warna yang berbeda beda. Untuk menganimasikannya saya memakai 2 teknik yaitu animasi posisi dan animasi scale. Keempat lingkatan tersebut dibuat motion graph melingkar kemudian ditambahkan animasi zoom. Sehingga Geometric Shape terlihat seperti memutar dan membesar. Lalu yang terkahir saya tambahkan background biru agar memberi ilussion tersendiri.


7.       KESIMPULAN
Geometric Shape ternyata dapat di kreasikan menjadi animasi yang menaik dengan kreatifitas masing masing orang meski hanya dengan pilihan animasi terbatas yang di sediakan power point. Untuk membuat Animasi yang terus bergerak dan tanpa perlu di klik maka yang perlu setting adalah Startnya menjadi After Previous, lalu Repeat diubah menjadi Until End of Slide.  

8.       REFERENSI
 http://www.broexcel.com/pengertian-geometri-dan-rumus-rumus-dasarnyanya-lengkap.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 13 - Progress Animasi 3D logo 86

Praktikum Minggu 4 : Rangkuman Materi Desain Thinking

PRAKTIKUM 12: ANIMATICS (TAHAP 2)