PRAK 4: Meniru Animasi Logo Official

TUJUAN
Belajar membuat animasi melalui kegiatan meniru animasi yang sudah ada

ALAT
-Adobe After Effects CC 2017

BAHAN
Logo Google (tracing)
Logo G (tracing)
Ellipse Shape
Rectangle Shape

DASAR TEORI
Dari sudut pandang psikologi

TUGAS PRAKTIKUM
Buat ulang sebuah animasi Logo Komersial Official


PETUNJUK PRAKTIKUM


HASIL PRAKTIKUM

ANALISA
Pembuatan logo google ini menggunakan teknik animasi trim path, dan echo. Trim path sendiri merupakan animasi yang membuat obyek tersebut dapat terbuka dari 0 ke 100 tergantung kita mensetting start dan stop dari trim path nya. Kemudian Echo sendiri merupakan animasi yang membuat obyek seolah oleh memanjang ketika bergerak namun akan kembali ke wujud obyek semula ketika berhenti sehingga membuat kesan bayangan bintang jatuh. 

Namun pada video yang saya buat terjadi beberapa keasalah sehingga video yang dihasilkan terlihat sangat tidak sesyahdu seperti contoh video. 

Pertama, timing bulat bulatan ketika membentuk huruf g tersebut tidak pas dengan pergerakan trimming animasi huruf G sesuai warna. Kedua, adalah echo animation yang tidak mulus. Hal ini adalah yang saya bingungkan, ketika pembuatan pertama echo animation, animasinya berjalan dengan mulus dan membuat effect yang dihasilkan lumayan syahdu. Namun, ketika saya mematikan laptop dan mengerjakan tugas ini di keesokan harinya yang terjadi adalah echo animationnya rusak, echo animationnya tidak lagi menghasilkan effect seolah memanjang namun malah terlihat seperti membelah diri atau seperti video ngelag. Saya sudah mencoba mereset pengaturan echonya dan menginput nilainya ulang namun yang terjadi tetaplah sama. 

KESIMPULAN
Untuk membuat animasi yang syahdu pengaturan timingnya harus sangat diperhatikan.

REFERENSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 13 - Progress Animasi 3D logo 86

Praktikum Minggu 4 : Rangkuman Materi Desain Thinking

PRAKTIKUM 12: ANIMATICS (TAHAP 2)