PRAKTIKUM 12: ANIMATICS (TAHAP 2)
I. TUJUAN
Membuat Animatics untuk Branding Komunitas SEMUT MMB melalui animasi dan poster
Membuat Animatics untuk Branding Komunitas SEMUT MMB melalui animasi dan poster
II. ALAT
- Smartphone
- Adobe Premiere Pro CS6
III. BAHAN
- Storyboard Fix
- Storyboard Fix
- Voice Over
IV. DASAR TEORI
Pengertian Storyboard
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Dengan storyboard, kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
Komponen Storyboard
Format dalam penggunaan storyboard akan tidak sama, hal ini disesuaikan dengan peruntukan dalam pembuatab storyboard itu sendiri, semisal storyboard iklan akan berbeda dengan storyboard yang dipergunakan dalam pembuatan website, berikut beberapa hal yang terdapat dalam storyboard :
- Urutan/Scene/Frame
- Video
- Warna/penempatan
- Audio
- Waktu/Durasi
- Teks
- Interaksi dengan penonton
- Jenis Font
Animatic adalah tahap sebelum terciptanya animasi. Gerakan yang masih stagingdan yang pasti belum sempurna. Bisa juga dikatakan sebagai storyboard dan untuk mengetahui pewaktuan secara realtime.
Pada intinya, animatic merupakan pergerakan dari storyboard, storyboard menunjukkan berapa detik dari setiap scene. Kemudian gambar animatic disusun di software editting video, untuk hasil lebih bagus dtapat diberi dubbing suara supaya lebih bagus tiap detiknya.
V. HASIL PRAKTIKUM
V. HASIL PRAKTIKUM
Animatics + VO (without Backsong)
V. KESIMPULAN
Untuk Animatics kali ini, kami mendapat revisi pada salah satu scene yang tidak terlalu tampak animasinya, namun karena beberapa kendala, kami hanya sempat merevisi pada bagian Kinetic Typhografinya saja, belum sampai animasi Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi.
Komentar
Posting Komentar