Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)
1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object
berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
Logo PENS
4. Dasar Teori
Animasi 2D
Pada animasi 2D memiliki dua
vektor yaitu x dan y, dimana x merupakan ukuran panjang dari objek dan y adalah
lebarnya. Oleh karena itu, kita hanya bisa melihat objek / gambar tersebut dari
satu sisi saja. Biasanya dibutuhkan 15 - 30 gambar dalam setiap detiknya untuk
menghasilkan gerakan yang halus. Gambar-gambar tersebut digerakkan secara cepat
sehingga seolah-olah bergerak. Beberapa contoh dari animasi 2D adalah Dora The
Explorer, One Piece, dan yang lainnya.
Animasi 3D
Sementara pada animasi 3D digunakan
tiga vektor x, y, dan z. Vektor z inilah yang berfungsi sebagai tinggi objek
sehingga menghasilkan volume. Pada animasi 3D gambar bisa dilihat secara
keseluruhan dari segala arah dan objeknya terlihat semakin nyata. Dibutuhkan
software berkemapuan khusus untuk mengolah animasi 3D dan modeling seperti
Blender, 3D Max, dan yang lainnya. Beberapa contoh animasi 3D adalah Finding
Nemo, Despicable Me, Upin & Ipin, Boboiboy dan lain-lain.
Tracing
Tracing, berawal dari kata trace,
yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna
menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti
menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan
format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan
dengan beberapa aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand,
Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan
bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live
trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan
detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam
garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi
warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam
ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain
AI (Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows
Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan
lain sebagainya.
Berbicara tracing, bukan pada
tempatnya bila kita membahas tracing dalam konotasi sempit sebagai plagiat atau
menjiplak mentah-mentah.Tak patut juga kita membahas apakah tracing termasuk
dalam seni murni atau seni terpakai.
Tracing adalah teknik
penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban
untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu. Tanpa tracing,
barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style
sekalipun. Proses pecah warna pada printing tekstil butuh tracing, menggambar
motif pada kain batik butuh kemampuan tracing, sampai untuk masking airbrush
sekalipun dibutuhkan kemampuan tracing.
Dari keterangan singkat ini bisa
kita simpulkan, pengertian tracing tidaklah sesempit arti menjiplak seperti
yang kita bayangkan.
Perbedaan membuat
animasi 2d di flash dengan cinema 4D.
Adobe Flash adalah software yang
digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk
pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada
fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan
dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu
X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar
360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang
dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat
diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk
menyelesaikan tugas praktikum:
1.
Tracing Logo menggunakan illustrator
2.
Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file
illustrator
3.
Membuat animasi 360 derajat
4.
Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
7. Hasil Praktikum
hasil export animasi 3D logo
8. Kesimpulan
Pada praktikum inihasil 3D yang saya buat hurup P nya tidak
berlubang, hal ini dikarenakan ketika melakukan tracing saya tidak melubangi
huruf P-nya. Sehingga animasi logo PENS saya hingga akhir nanti pada hutuf P dan S-nya tidak akan berlubang.
9. Referensi
The Bezier Game: A game to help you master Pen Tool
http://iz-inside.blogspot.co.id/2016/10/perbedaan-animasi-2d-dan-animasi-3d.html
https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/
http://atikafirdaus.blogspot.co.id/2016/03/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation_3.html
http://iz-inside.blogspot.co.id/2016/10/perbedaan-animasi-2d-dan-animasi-3d.html
https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/
http://atikafirdaus.blogspot.co.id/2016/03/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation_3.html
Komentar
Posting Komentar