Prak 02 – Camera Path
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa
ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material.
Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical
Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Perbedaan motion
guide pada flash dan camera path
Motion guide pada adobe flash,
merupakan garis / jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi
objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera path pada cinema 4D merupakan
jalur camera dimana camera dapat mengarah ke objek walau sedag dalam perubahan
posisi (bergerak).
Perbedaan physical
sky dan area light
Pysical sky merupakan elemen
latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan
langit dapat disesuaikan dengan tangal dan waktu. Area light merupakan bagian
pada cinema 4Dyang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat
disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehinga cahaya dapat
menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang
ditentukan.
Pengertian material
beserta contohnya
Material biasanya ditambahkan
pada akhirpembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan
presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada
material yakni color, diffusion, luminance, transparency, enviroment, bump,
fog, dll.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya,
tambahkan:
1.
Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2.
Lighting sederhana dan mudah menggunakan
Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk
yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1.
Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih
spesifik lagi disebut dengan spline.
2.
Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3.
Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4.
Menambahkan Material
5.
7. Hasil Praktikum
Camera Light
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini saya tidak menemukan kesulitan yang berarti, di praktikum ini membuat animasi yang saya buat menjadi tidak stuck di tempat yang sama melainkan seolah oleh bergerak dengan melakukan pergerakan pada kameranya. Sehingga hasil yang saya dapatkan kamera seperti mengikuti atau memfollow logo animasi PENS berada.
9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
http://zsazyatam.blogspot.co.id/2016/03/praktikum-2-camera-path-lighting-and.html
Komentar
Posting Komentar