Prak 02 - +Physical Sky

1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori
Perbedaan motion guide pada flash dan camera path
Motion guide pada adobe flash, merupakan garis / jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera path pada cinema 4D merupakan jalur camera dimana camera dapat mengarah ke objek walau sedag dalam perubahan posisi (bergerak).
Perbedaan physical sky dan area light
Pysical sky merupakan elemen latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat disesuaikan dengan tangal dan waktu. Area light merupakan bagian pada cinema 4Dyang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehinga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
Pengertian material beserta contohnya
Material biasanya ditambahkan pada akhirpembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, enviroment, bump, fog, dll.

5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
1.       Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2.       Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1.       Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
2.       Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3.       Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4.       Menambahkan Material
5.        
7. Hasil Praktikum


+Physical Sky

8. Kesimpulan
Saya tidak mendapatkan kesulitan yang berarti pada praktikum ini sebab turtorial dari pak hasbi sudah cukup jelas, disini saya mengaturnya menjadi sore hari dan tidak menambahkan bintang bintang seperti pada turtorial. Physical sky membuat animasi tidak polos hitam namun menjadi lebih memiliki dimensi.

9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 13 - Progress Animasi 3D logo 86

Praktikum Minggu 4 : Rangkuman Materi Desain Thinking

PRAKTIKUM 12: ANIMATICS (TAHAP 2)