Prak 03 – Menambah kompleksitas gerakan

1. Tujuan
Pada praktikum ini ketiga, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download

4. Dasar Teori
Fungsi Secondary Assets
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.

Fungsi F-Curve
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.

5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1.       Tambahkan secondary Assets
2.       Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3.       Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1.       Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
2.       Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3.       Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves

7. Hasil Praktikum

Menambah kompleksitas gerakan

8. Kesimpulan
Saya sempat kesulitan ketika mengerjakan di bagian menambah kompleksitas gerakan, karena ketika saya merotate salah satu shape saya lupa mematikan fungsi move tool sehingga ketika saya melakukan perubahan gerakan antar shape, yang berubah malah shapenya bukan shapenya yang berpindah.

9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 13 - Progress Animasi 3D logo 86

Praktikum Minggu 4 : Rangkuman Materi Desain Thinking

PRAKTIKUM 12: ANIMATICS (TAHAP 2)