PRAKTIKUM ANIMASI 2D PERTAMA
JUDUL
ANIMASI 2D PERTAMA
TUJUAN
Mahasiswa dapat membuat animasi 2D
ALAT
PC/Laptop
BAHAN
Gambar karakter laki laki (Designed By Freepik)
DASAR TEORI
Animasi
Definisi
animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan, menghidupkan.
Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi
sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.animasi adalah proses
penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa
waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut
sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion)
pada gambar yang ditampilkan.
Definisi tersebut
mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut
hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus
diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur
kedekatan.
Animasi
dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau
divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu
proses pergerakan. Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan
pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan.
Benda-benda
mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat
dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak
sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, jika kehidupan memang diidentikkan
dengan pergerakan, maka kehidupan itu sendiri juga mempunyai karakter
kehidupan. Dengan demikian animasi tidak semata-mata hanyalah menggerakkan,
tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan.
Esensi inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa animator-animator
sehingga obyek animasinya tidak bersifat perubahan gerak, tetapi lebih daripada
itu, mood, emosi, watak tak jarang dimasukkan sebagai suatu pengembangan
karakterisasi.
Jadi Animasi
dapat kita simpulkan secara sederhana ialah "menghidupkan benda diam
diproyeksikan menjadi bergerak" yang di maksud di proyeksikan ialah dengan
menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi.
Teknik Animasi 2D
Teknik animasi
2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat
dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer. teknik
animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik
animasi yang paling lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk
membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar trasparan) yang berlapis-lapis.
karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional
ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang
nanti akan di pindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.Teknik
animasi 2D komputer adalah teknis animasi yang dibuat dengan menggunakan
bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar
demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D
CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.
TUGAS PRAKTIKUM
Membuat sebuah animasi 2D dengan tekhnik apapun
HASIL PRAKTIKUM
Video sedikit ngelag karena pembuatan video ini di PC LAB (MAC) dan perekaman dilakukan di Laptop lain.
KESIMPULAN
Pada praktikum
kali ini saya membuat karakter manusia menjadi seolah berkedip. Yaitu dengan
cara menambahkan gambar mata yang terbuka dan tertutup di timeline yang kemudian
di copy berkali kali dengan jeda waktu tiap detik. Kemudian untuk menggerakan
tangannya saya menggunakan teknik toggle, caranya yaitu kita mencari titik
ancor (klik A pada keyboard), yaitu di siku karakter kemudian titik anchor
tersebut di rubah posisinya dengan menu position (klik P pada keyboard) atau
dengan rotation (klik R pada keyboard). Toggle di klik sekali pada awal video,
yaitu bertujuan sebagai pengukuhan posisi awal tangan kemudian frame dipindah
ke detik lain dan merotasi posisi tangan, setelah mendapatkan posisi yang
diharapkan, toggle kembali di tekan pada frame kedua, sehingga tangan tersebut
bergerak dari posisi awal ke posisi kedua dengan titik pusat di siku. Untuk
membuat gerakannya lebih smooth block kedua toggle kemudian klik kanan, pilih
Keyframe assistant lalu pilih ease in.
Untuk membuat
karakter yang memberikan gerakan katakter yang lebih luas maka yang diperlukan
adalah memasang PLUG IN DUIK. DUIK sendiri adalah PLUG IN after effect untuk
membuat rigging karakter, gambar manusia itu akan dimodifikasi di berikan
puppet dengan diubah-ubah.
Tanpa
menggunakan plug in tersebut juga bisa namun hasil yang dihasilkan akan
terkesan kaku (seperti animasi 2D yang saya buat di atas), namun tidak menutup
kemungkinan pula jika hasilnya akan lebih rapi jika penempatan anchor pointnya
lebih tepat lagi.
Kemudian hal
yang penting untuk membuat karekter manusia atau apapun itu adalah file gambar
harus berada di layer-layer yang berbeda.
Kendala yang
saya alami pada praktikum pertama ini adalah ternyata di Adobe AE ini belum
terpasang PLUG IN DUIK dan saya harus mengubah cara menggerakan karakter, yaitu
yang akhirnya dengan merubah position dan rotationnya.
REFERENSI
Komentar
Posting Komentar