PRAKTIKUM ANIMASI 2D PERTAMA

JUDUL
ANIMASI 2D PERTAMA

TUJUAN
Mahasiswa dapat membuat animasi 2D

ALAT
PC/Laptop

BAHAN
Gambar karakter laki laki (Designed By Freepik)

DASAR TEORI
Animasi
Definisi animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan, menghidupkan. Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.
Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur kedekatan.
Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu proses pergerakan. Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan.
Benda-benda mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, jika kehidupan memang diidentikkan dengan pergerakan, maka kehidupan itu sendiri juga mempunyai karakter kehidupan. Dengan demikian animasi tidak semata-mata hanyalah menggerakkan, tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan. Esensi inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa animator-animator sehingga obyek animasinya tidak bersifat perubahan gerak, tetapi lebih daripada itu, mood, emosi, watak tak jarang dimasukkan sebagai suatu pengembangan karakterisasi.
Jadi Animasi dapat kita simpulkan secara sederhana ialah "menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak" yang di maksud di proyeksikan ialah dengan menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi.
Teknik Animasi 2D
Teknik animasi 2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer. teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar trasparan) yang berlapis-lapis. karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang nanti akan di pindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.Teknik animasi 2D komputer adalah teknis animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.

TUGAS PRAKTIKUM
Membuat sebuah animasi 2D dengan tekhnik apapun

HASIL PRAKTIKUM

Video sedikit ngelag karena pembuatan video ini di PC LAB (MAC) dan perekaman dilakukan di Laptop lain.



KESIMPULAN
Pada praktikum kali ini saya membuat karakter manusia menjadi seolah berkedip. Yaitu dengan cara menambahkan gambar mata yang terbuka dan tertutup di timeline yang kemudian di copy berkali kali dengan jeda waktu tiap detik. Kemudian untuk menggerakan tangannya saya menggunakan teknik toggle, caranya yaitu kita mencari titik ancor (klik A pada keyboard), yaitu di siku karakter kemudian titik anchor tersebut di rubah posisinya dengan menu position (klik P pada keyboard) atau dengan rotation (klik R pada keyboard). Toggle di klik sekali pada awal video, yaitu bertujuan sebagai pengukuhan posisi awal tangan kemudian frame dipindah ke detik lain dan merotasi posisi tangan, setelah mendapatkan posisi yang diharapkan, toggle kembali di tekan pada frame kedua, sehingga tangan tersebut bergerak dari posisi awal ke posisi kedua dengan titik pusat di siku. Untuk membuat gerakannya lebih smooth block kedua toggle kemudian klik kanan, pilih Keyframe assistant lalu pilih ease in.
Untuk membuat karakter yang memberikan gerakan katakter yang lebih luas maka yang diperlukan adalah memasang PLUG IN DUIK. DUIK sendiri adalah PLUG IN after effect untuk membuat rigging karakter, gambar manusia itu akan dimodifikasi di berikan puppet dengan diubah-ubah.
Tanpa menggunakan plug in tersebut juga bisa namun hasil yang dihasilkan akan terkesan kaku (seperti animasi 2D yang saya buat di atas), namun tidak menutup kemungkinan pula jika hasilnya akan lebih rapi jika penempatan anchor pointnya lebih tepat lagi.
Kemudian hal yang penting untuk membuat karekter manusia atau apapun itu adalah file gambar harus berada di layer-layer yang berbeda.
Kendala yang saya alami pada praktikum pertama ini adalah ternyata di Adobe AE ini belum terpasang PLUG IN DUIK dan saya harus mengubah cara menggerakan karakter, yaitu yang akhirnya dengan merubah position dan rotationnya. 

REFERENSI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 13 - Progress Animasi 3D logo 86

Praktikum Minggu 4 : Rangkuman Materi Desain Thinking

PRAKTIKUM 12: ANIMATICS (TAHAP 2)